Senin, 02 Oktober 2017

Cara Setting Android Agar Menjadi Support OTG (On The Go)

OTG merupakan kepanjangan dari On The Go dimana fungsinya memungkinkan android dapat dijadikan sebagai host, atau dalam istilah lain dapat digunakan untuk menghubungkan dengan perangkat yang memiliki kabel data berbentuk USB seperti Flash Disk, Keyboard, Stik dan sebagainya. Kebanyakan orang sering memanfaatkan fitur ini untuk pemindahan atau transfer sebuah file dari luar ke android secara langsung. Atau juga digunakan sebagai penghubung dengan stik game ketika akan bermain game android sejenis PSP.

Namun sayang, tidak semua android mendukung fitur yang satu ini. Jadi bila Anda ingin menggunakan fitur tersebut sedangkan android Anda tidak mendukungnya maka Anda harus mengaturnya secara manual. Hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum Anda mulai mempraktekannya, pastikan android Anda telah dalam keadaan root, agar mempermudahkan dalam kinerja aplikasi.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana mengatur android agar mendukung fitur On The Go (OTG). Cara ini dapat diterapkan diberbagai jenis android, namun alangkah lebih baiknya jika android merupakan versi yang beroperasi pada Jelly Bean atau diatasnya, serta memiliki kapasitas RAM yang cukup.

Mengatur android agar mendukung fitur On The Go

Cara membuat smartphone android dapat berfungsi untuk fitur OTG (On The Go)


1. Download terlebih dahulu aplikasi USB Host Check melalui playstore atau google dan pastikan aplikasi ini merupakan versi terbaru. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengecek apakah android Anda sudah mendukung fitur OTG atau belum, karena tidak semua hardware pada smartphone mendukung fitur ini.

2. Instal aplikasi USB Host Check tersebut. Setelah itu buka dan periksa ketersediaan file dalam android apakah telah tersedia atau belum. 

File tersebut bernama "android.hardware.usb.host.xml". Jika muncul pesan "It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed" itu menandakan bahwa file yang dibutuhkan untuk menyinkronasi dengan OTG dengan nama file diatas belum tersedia di android Anda. Untuk itu Anda harus membuat sendiri file tersebut menggunakan aplikasi notepad atau bisa juga dengan notepad ++.

3. Membuat File "android.hardware.usb.host.xml" 

Setelah memiliki aplikasi notepad pada komputer, buka aplikasi tersebut dan buatlah file tadi, setelah itu klik Save As. Pastikan ekstensi file yang dibuat berformat .xml di nama terakhirnya serta tipe file tersebut adalah All File ketika akan menyimpannya. Masukkan kode <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><permissions><feature name="android.hardware.usb.host" /></permissions> dalam file yang Anda buat tadi.

4. Aplikasikan file buatan ke smartphone android

Pindahkan file yang telah dibuat di komputer tadi ke android Anda. Gunakan aplikasi Root Explorer di android Anda dan tempatkan file yang telah dibuat tadi ke folder etc/permission.

5. Periksa kembali ketersediaan file

Buka aplikasi USB Host Check lagi dan periksa kembali dengan mengeklik Re-Check. Jika semua tercentang berwarna hijau, itu artinya tidak ada masalah disini dan android Anda sudah dapat digunakan untuk fitur OTG. Jika masih ada tanda silang merah, itu berarti ada yang salah pada langkah-langkah yang dilakukan, sehingga Anda harus mengulanginya kembali.

Itulah cara sederhana membuat android yang semula tidak mendukung fitur OTG menjadi dapat digunakan untuk fitur OTG. Anda dapat memfungsikan fitur OTG ini untuk berbagai aktifitas, seperti bermain game android menggunakan stik, mentransfer file dari flask disk secara langsung, menggunakan keyboad untuk android serta sebagainya.

Silahkan di kunjungi juga situs dibawah ini:
- Situs Jayabola Terpopuler

- Agen 899cash Indonesia

- Daftar BandarQ Terbaik

- Main BandarQ Online  dengan Uang asli

- Bisa Main menjadi Bandarkiu

- Agen Sakong Online Terpercaya

- Tempatnya Koleksi Dewasa Terbaru

- Situs Bandarkiu Pertama di Indonesia

- Situs Prediksi Togel Terbaik

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon